Trek Favorit Goweser di kawasan Jabodetabek

Leave a Comment


Trek Favorit Goweser di kawasan Jabodetabek

Berikut ini trek favorit goweser di kawasan Jabodetabek :

1. Jalur Pipa Gas (JPG) Tengerang
JPG adalah salah satu MTB Park terbaik yang di miliki Indonesia. JPG memiliki lintasan sepanjang kurang lebih 6,5 km. Lintasan terbagi menjadi dua yaitu Lintasan Teknikal dan Lintasan Wisata. Lintasan Wisata dirancang bagi kebutuhan pemula dan keluarga, anak umur 5 tahun dengan sepeda roda 2 ukuran 16 inci dapat melalui jalur ini.
Sementara Lintasan Teknikal adalah lintasan yang cukup sulit dengan halang rintang alami yang menguras tenaga dan butuh skill tersendiri. Lintasan Teknikal sering di pergunakan untuk kompetisi yang diikuti oleh atlet-atlet nasional MTB.
JPG berada di antara Bintaro Sektor IX (Sekolah Jepang/Permata Bintaro) dengan BSD Sektor XIV (Nusa loka/Polsek Serpong). Atau lebih tepatnya basecamp JPG berada di Desa Lengkong Gudang Timur Jl. Astek Jombang - Tangerang Selatan Banten.

2. Trek Cihuni
Trek ini masih di sekitar Tangerang. Trek Cihuni tsebelumnya ada tiga trek bersepeda yaitu, Hill Park 1, 2 dan 3.
Saat ini hanya tinggal dua yang masih bisa dinikmati yaitu Hill Park 1 dan 3, Hill Park 2 hampir seluruhnya sudah tergusur oleh pesatnya pembangunan perumahan. Dari dua trek yang tersisa mungkin hanya Hill Park 1 yang masih bisa dinikmati.
Trek Cihuni Hill Park 1 sendiri terletak di sebuah bukit di desa Cijantra. Penduduk sekitar menyebut bukit tersebut dengan Gunung Batu. Di trek sepanjang kurang lebih empat kilometer para goweser dapat menikmati tanjakan dan turunan yang saling bersambung tanpa ada jalur landai.
Juga ada jalur roller coaster yang meskipun tidak setinggi di JPG tapi cukup menguji mental terutama untuk newbie. Trek di Cihuni Hill Park 1 telah dimodifikasi dan dikembangkan sehingga lebih menantang.
Untuk sarana tempat makan dan minum tersedia beberapa warung di tempat masuk dan keluar trek dengan menu khas lokal nasi uduk, teh jahe hangat dan tidak ketinggalan menu sop iga. Fasilitas parkir sepeda juga cukup luas.

3. Jalur Kota Bunga Cipanas-Sentul
Trek sepeda gunung dari kota Bunga Cipanas sampai Sentul. Total 48 km. Jalur tersebut adalah jalan lama yang dibangun sejak jaman Belanda. Medan jalan di dominasi jalur aspal tetapi tidak mulus, tersulit pada jalan terakhir memiliki medan tanjakan. Pemandangan jalur ini tetap menarik dinikmati.

4. JePeTe (Jalur Pinggir Tol)
Trek ini melewati jalur Depok – Cimanggis – Cikeas - Gunung Putri – Cibinong – Depok. Meskipun telah berkali-kali melewati trek ini, selalu ada perasaan gembira dan perasaan berbeda mengingat keindahan panorama sepanjang jalan. Melewati Cimanggis dan memasuki Cikeas, anda akan menemukan sebuah situ atau danau yang cukup luas yang indah.
Selanjutnya, perjalanan single track akan dihadang turunan curam berupa undakan-undakan tanah yang berakhir dengan jembatan bambu kecil yang reot. Di sini, gairah untuk menikmati turunan harus diimbangi sikap hati-hati sekaligus keseimbangan tubuh. Bukan apa-apa, jembatan tersebut memiliki kemiringan yang tidak rata dan beberapa suluh bambu di bawahnya sudah hilang alias bolong-bolong!
Selepas jembatan tersebut, maka sebuah bukit langsung menghadang.
Di bukit ini, banyak penduduk yang menanam tumbuhan sereh dan ada juga ladang padi gogorancah. Memasuki pedalaman Gunung Putri, anda harus melewati single track bukit tanah yang unik.
Di sisi kanan, ada tebing tanah setinggi enam hingga 10 meter, dengan derajat kemiringan 90 derajat. Sedangkan di sisi kiri ada jurang sedalam 15 meter dengan tingkat kecuraman 90 derajat. Di sini nyali adalah segalanya, mengingat single track tersebut menurun dengan tingkat kemiringan 20 derajat. Selanjutnya, anda akan keluar lagi menuju pinggir tol dan melewati kolong tol menuju Cibinong.
Meski trek ini pendek saja, kurang dari 35 km pergi-pulang, namun cukup menguras tenaga dan menawarkan pemandangan khas masyarakat pinggiran Jakarta. Sebuah rute yang pantas untuk dicoba!

5. Jalur Pipa Gas (JPG) Bekasi
Track JPG Bekasi merupakan trek yang sangat menantang. Sekitar 90% dari kontur trek ini merupakan tanah yang dipenuhi oleh rumput dikiri dan kanan.
Trek ini cocok bagi para biker pemula. Tanjakan dan turunan silih berganti menghiasi trek ini. Di trek ini pula anda disuguhkan pemandangan yang menarik, udara yang sejuk dan penduduk yang ramah.
Track ini berjarak sekitar 50 km pergi-pulang dengan start dari kawasan Grand Wisata Bekasi dan berkahir di Kota Wisata Cibubur, Bogor, kemudian kembali ke Grand Wisata Bekasi. Jika anda melewati trek ini pada jam 06.30 samapi 08.00 wib, anda akan menemui para biker yang hilir mudik, mengitari kawasan danau Cibeurum, Asem, dan Sengon.
Ada pula biker yang menuju kawasan Kota Wisata dan ada pula yang hanya berputar disekeliling danau. Sekedar info tambahan bahwa track ini sangat licin jika terkena air, jadi hati-hati dan siap-siap bawa safety kit.

6. Trek sepeda Ancol Jakarta
Trek sepeda Ancol cukup baik untuk belajar sepeda bagi anak anak. Saat ini sebuah jalur sepeda khusus sedang dibangun di bekas lapangan golf. Saat dikunjungi, jalur sepeda di Ancol sebagian besar sudah rampung. Jalur sepeda yang mengelilingi bekas lapangan golf tersebut cukup aman bagi anak untuk bermain sepeda. Taman Impian Jaya Ancol memiliki 2 tempat lain untuk belajar sepeda. Satu taman kecil terletak di pinggir laut. Memiliki rintangan naik turun dan jalan berlapis conblock. Satu tempat lagi sudah ada sejak beberapa tahun lalu, khusus dirancang untuk Freeride, BMX, dan berlatih rintangan sepeda gunung. Sayangnya tempat ini tidak terawat lagi, dan banyak rumput liar. Dan dibagian atas tempat tersebut dialokasikan untuk olahraga Outbound. Lalulintas di Ancol relatif sepi di pagi hari, dan banyak yang berolahraga seperti jogging atau sekeda jalan jalan menikmati pemandangan di pinggir laut.

7. Telaga Warna 3, Rindu Alam, Nura, TW
Trek Rindu Alam

Informasi Umum:
- Jenis trek = cross country
- Jarak tempuh = 30 km
- Waktu tempuh = 6 jam
- Start = Rindu Alam, Puncak.

- Finish = Gadog, Ciawi.

Trek Nura (New RA)

Informasi Umum:
- Jenis trek = all mountain
- Jarak tempuh = 10 km
- Waktu tempuh = 2 jam
- Start = Taman Wisata, Puncak Pass
- Finish = Pabrik Teh, Gunung Mas

Bagaimana Mencapai nya?


Trek Nura dapat dicapai dengan mobil pribadi maupun angkot. Umumnya mobil diparkir di areal mesjid, Gadog, Ciawi, persis setelah lampu merah exit toll Ciawi


Tentang jalur TW3 Fastline. Rutenya tidak berbeda dengan perjalanan rekan lainnya. Dimulai dari warung Mang Ade, lalu masuk ke danau Telaga Warna. Keluar dari Telaga Warna, menyusuri jalan naik ke single track TW3,selesai menuruni rute TW3 lalu kita melewati jalan tembok yang tersembunyi di dekat tempat camping Telaga Warna.

Lalu menyusuri jalan kampung keluar masuk jalan aspal. Dan berakhir keluar di pertengahan jalan Raya Puncak, untuk kembali ke Ciawi Sederhana.

8. Jalur Sentul ( Sebex, Gunung Pantjar, KM 0 Bojongkoneng, Hambalang)
Sentul yang masuk kawasan Bogor, Jawa Barat merupakan daerah perbukitan yang menawarkan variasi trek sepeda yang menarik. Ada trek on road uphill KM 0 Bojongkoneng dan Hambalang, trek downhill bertaraf internasional – Sebex, Gunung Pantjar, sampai trek Cross Country (XC) Seagames. Masih banyak jalur-jalur lain yang belum sefenomenal ketiga jalur tadi. Jalur-jalur yang pasti membuat pedalis ketagihan, khususnya penikmat jalur XC. Bagi pedalis yang membawa kendaraan pribadi untuk membawa sepeda, maka beberapa alternatif tempat parkirnya. Jika masuk tol, siap-siaplah keluar di pintu tol Sentul City km 36.

9. Tujuh Tanjakan Setan di Bogor Selatan
Pernah dengar istilah di atas? mungkin terdengar baru namun tujuh tanjakan setan ini sudah lama melegenda di kalangan penanjak kota bogor. coba periksa urutan dibawah ini:
1. Tanjakan Gunun Malang-Gunung Bunder
2. Tanjakan Alam Tirta (Tanjakan Sengked biasa disebut oleh para senioren mah)
3. Tanjakan Pure – Tanjakan yang menuju arah Pura Nusantara di Bogor Selatan, dekat dengan Curug Nangka
4. Tanjakan Sukamantri (My Favorite) – menuju buper sukamantri.
5. Tanjakan Giant (Gajah) di Tajur Halang, menuju BHH
6. Tanjakan Patung Elang – Tajur Halang
7. Tanjakan Embrio – menuju arah embrio
sekarang, apakah dari daftar di atas anda sudah menjajal semua? kalau belum silahkan buat check list, beri oli rantai sepeda anda, periksa rem dan jangan lupa bawa uang secukupnya untuk ojek.Selamat mencoba.

10. Trek Gunung Pinang
Informasi Umum:
- Jenis trek = Downhill
- Jarak tempuh = 2.4 km
- Waktu tempuh = 5 menit
- Start = menara telkom
- Finish = finish jump

Bagaimana Mencapai nya?

Trek Downhill Gunung Pinang dapat dicapai dengan mobil pribadi. Jika bepergian dari Jakarta, masuk ke toll Jakarta-Merak dari toll dalam kota, menuju arah serang. Keluar pintu toll pada exit Cilegon Barat, sekitar km 56.

Dari gerbang exit toll (bayar toll), mobil mengarah keluar sampai menemukan persimpangan pertama. Di persimpangan ini harap mengambil jalur ke kanan (agak mengitari lingkaran), ke arah Cilegon/Anyer. Ikuti jalan tersebut melewati pasar dan beberapa keramaian di kota. Sekitar 5km, akan ketemu gapura menara TELKOM di sebelah kiri jalan. Mobil dapat parkir setelah gapura tersebut (ada areal kosong).

11. SENAYAN (Street-Dirt)
Lokasinya di Gelora Bung Karno.
Patokan utamanya, Anda harus mencari dulu HotelAtlet Century Park yang berada di Jl. Pintu Satu Senayan. Kalau Anda dari arah Jl. Asia Afrika, lokasinya tepat berada di sebelah kiri, di samping Mesjid Al-Bina.

12. Trek UI Depok
Banyak jalur sepeda yang bisa dieksplor di areal kampus Universitas Indonesia (UI). Di UI yang luas arealnya mencapai 50an hektar ini, jalur offroad bebas digunakan untuk bermain sepeda MTB. Cross country.

Cara menuju ke sini :
- Naik kereta turun di stasiun UI



- Naik kendaraan pribadi arah ke depok, masuk saja komplek kampus ui depok.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment